Wordpress (Book Blog) mybookstacks.wordpress.com Twitter @fennyusuf Facebook Fenny Herawati Yusuf

I'm a girl who reads and have too many books. You’ll know that I do because I will always have an unread book in my bag and my shelves. A girl who spends her money on books instead of clothes. A girl who has a list of books she wants to read.

If you have any question about books and authors, please feel free to contact me at fennyherawatiyusuf[at]yahoo[dot]com. I will reply your email soon.

Sunday, May 19, 2013

[Book Review] Fallen

Fallen (Fallen #1) by Lauren Kate
3.75 / 5 (155,263 ratings)

Publisher : Gramedia
Translator : Fanny Yuanita
Release Date : July 14th 2011 by PT. Gramedia (first published December 8th 2009)
Format : Paperback, 440 pages
Source : Gramedia Pondok Gede, Rp 65000
Genre : Paranormal, Fantasy

Luce Price merasa pernah sangat mengenal Daniel Grigori.

Cowok misterius dan dingin itu menarik perhatian Luce begitu mereka bertemu pada hari pertama di sekolah berasrama Sword & Cross. Di tempat yang melarang ponsel, dihuni anak-anak bandel, dan penuh kamera pengawas, rasanya cuma cowok itu yang menyenangkan.

Tetapi, Daniel tidak mau berurusan dengan Luce—ia terang-terangan menunjukkan keengganannya. Sementara Luce tertarik padanya bagai ngengat terhadap api. Ia merasa harus tahu apa yang begitu ingin dirahasiakan Daniel… meskipun dengan taruhan nyawa.

Buy book on : BukuKita
_______________________

Plot and Summary
Seorang gadis 17 tahun bernama Lucinda Price dikirim ke sekolah berasrama untuk anak nakal dan bermasalah Sword & Cross, setelah dituduh membunuh seorang laki laki disekolahnya terdahulu, Trevor, dengan api. Pada hari pertamanya di Sword & Cross, Luce bertemu Arriane, Daniel, Cam, Molly, dan Penn, anak anak Sword & Cross lainnya. Luce segera saja bertemu dan bersahabat dengan Penn, setelah Luce ditumpahi makanan oleh seorang gadis gotik bernama Molly di kantin karena ia tidak sengaja menyenggolnya.


Luce merasakan ketertarikan yang kuat dengan Daniel Grigori, dan segera melakukan penyidikan (istilah anak sekarang itu, “kepo” :D ) mengenai asal usul Daniel dan keluarganya, meskipun Daniel kerap kali menolaknya. Luce merasa pernah mengenal Daniel, dan Daniel membuatnya merasa aman dari bayangan bayangan hitam yang selama ini mengejar Luce. Luce, dengan bantuan Penn, menghabiskan waktu di perpustakaan yang dijaga guru mereka, Miss Sophie, untuk mencari sebuah buku yang dimiliki keluarga Grigori. Suatu saat ketika mereka sedang di perpustakaan, terjadi kebakaran yang menewaskan Todd, salah satu teman mereka. Luce pun hampir tidak bisa menyelamatkan diri, jika tidak ditolong oleh kehadiran sesuatu bersayap yang mengangkatnya.


Ketika sedang menghabiskan waktu diluar Sword & Cross bersama Cam yang terang terangan menyukainya, Luce menyadari Cam memiliki kekuatan fisik yang lebih dari manusia biasa. Luce takut akan kekuatan Cam, dan pergi meninggalkan Cam bersama Daniel.


Penn menemukan sesuatu tentang Luce dan Daniel, ternyata di masa lalu mereka sering bertemu, dengan adanya foto foto lama mereka. Daniel pun mengakui, bahwa ia sudah sering bertemu Luce di kehidupan yang lalu, namun ketika Daniel terlalu dekat dengan Luce, Luce meninggal, terus seperti itu berulang kali. Namun setiap tujuh belas tahun Luce terlahir kembali, dan selalu menemukan jalan untuk bertemu dengannya dan jatuh cinta, meskipun Daniel berusaha sekuat tenaga menjauhinya.


Ternyata, Daniel adalah seorang malaikat yang dikutuk karena ia tidak menentukan pilihan antara gelap dan terang. Cam dan Molly adalah malaikat gelap, sedangkan Arriane dan Gabbe malaikat terang. Namun, ada pihak lain yang meinginkan kematian Luce, karena Luce tak akan bisa terlahir kembali akibat kesalahan orang tuanya yang tidak taat agama dan tidak membaptisnya. Kali ini, jika Luce mati, ia tidak akan terlahir kembali.. 



Comments
Saya kurang begitu suka sama ceritanya. Hmm, menurut saya sih biasa aja. I buy this book because of the synopsis and the cover. Kirain saya ceritanya bakalan lebih misterius, lebih gelap. But there are some missing and blurring parts. Seperti hubungan antara Luce & Arrianne, saya mendapati Arriane berubah sinis sama Luce dipertengahan buku, namun apa sebabnya saya nggak tau. Padahal sebenernya gak ada konflik berarti di antara mereka, fine fine aja. Bahkan sebenernya Luce agak menyukai Arriane.
Tidak dijelaskan juga mengenai bayangan yang menghantui Luce selama ini. Memang sepertinya Daniel menjelaskan bayangan hitam itu sebenernya apa, tapi penjelasannya sekilas doang dan gak penting (makanya saya aja sekarang lupa), padahal di awal buku masalah Luce itu terutama berkaitan dengan ‘bayangan bayangan hitam yang sering menghampirinya’. Plus, sampai sekarang saya tidak tahu kenapa Luce bisa mengakibatkan Trevor meninggal, dan apa yang sebenarnya terjadi.

Saya bingung hubungan antara Cam dan Daniel. Mereka itu diibaratkan dua sisi yang saling bertempur, tapi untuk apa? Untuk mendapatkan Luce? Kenapa Luce sampai sebegitu pentingnya untuk diperebutkan? Dan kenapa di detik ini mereka saling bunuh, detik berikutnya bisa duduk bareng sambil ngobrol? Bagi saya jadinya tanggung aja gitu. Ini sebenernya kalian maunya apa sih?



Favorite character(s), part(s), or quote(s)
When Luce’s parent come to Sword & Cross. Saya mengharapkan lebih banyak cerita dari kedua orang tua Luce ini, karena “karena mereka”-lah, Luce tidak bisa lahir kembali sehingga mengawali dan mengakhiri cerita ini.



Comparing this book to other books in a same genre, author, or series
Ada apa dengan buku buku bertokohkan malaikat? Sepertinya cerita mereka hampir sama, malaikat menjalin hubungan terlarang dan jatuh cinta sama manusia. Buku trilogi Slaven & Viola, Hush Hush, Fallen, ketiganya seri ini sama sama menceritakan malaikat jatuh cinta pada seorang gadis, lalu dikutuk.



My Rating :

 3 stars - This book was OK, read it if it sounds good to you

No comments:

Post a Comment

If you have any questions and comments about this post, please leave here. Will reply soon.