Wordpress (Book Blog) mybookstacks.wordpress.com Twitter @fennyusuf Facebook Fenny Herawati Yusuf

I'm a girl who reads and have too many books. You’ll know that I do because I will always have an unread book in my bag and my shelves. A girl who spends her money on books instead of clothes. A girl who has a list of books she wants to read.

If you have any question about books and authors, please feel free to contact me at fennyherawatiyusuf[at]yahoo[dot]com. I will reply your email soon.

Sunday, May 19, 2013

[Book Review] P.S. I Love You

P.S. I Love You by Cecelia Ahern
3.94 / 5 (111,984 ratings)

Publisher : Gramedia
Translator : Monica Dwi Chresnayani
Release Date : 2005 by Gramedia (first published September 1st 2004)
Format : Paperback, 632 pages
Source : Gramedia Kramat Jati, Rp 36000 (discount 40%)
Genre : Chicklit

Pembaca yang budiman,

Namaku Holly. Belum lama ini Gerry, suamiku, meninggal karena kanker. Sebelum penyakitnya mengganas, kami pasangan yang bahagia. Mungkin Gerry bukan pasangan sempurna, karena dia paling malas mematikan lampu kamar saat kami sudah meringkuk di balik selimut yang hangat. Akibatnya, tulang keringku sering terantuk kaki ranjang dan memar-memar.

Ketika Gerry tiada, aku kehilangan sahabatku, kekasihku, batu karangku, dan hidup ini terasa hampa. Namun Gerry tak membiarkanku sendiri. Dia meninggalkan seikat surat untuk kubuka setiap bulan. Seiring bulan-bulan berlalu, aku menjadi lebih tabah. Bersama sahabat dan keluargaku, aku menangis, tertawa, serta belajar mengenal dan menjalani hidup ini. Seperti kata Gerry di surat pertamanya,

Ingatlah semua kenangan manis kita, tapi jangan takut menciptakan kenangan-kenangan baru.

Hidup ini memang untuk dijalani dengan sepenuh hati. Dan rasanya nyaman juga ada malaikat yang mengawasi setiap langkahku.
Cinta sejati memang tak pernah mati…

Holly

PS: I love you

Get this book on : GramediaOnline

About the characters
Holly adalah seorang janda yang baru ditinggal suaminya, Gery. Ia memiliki dua sahabat, Sharon yang menikah dengan John (sahabat Gery) dan Denise. Holly memakai nama belakang keluarganya meskipun sudah menikah dengan Gery, dan saudara saudaranya memiliki karakter yang berbeda beda. Kakak tertuanya, Richard, adalah seorang yang sangat kaku dan lurus serta tidak punya kesensitifan dan humor dan menikah dengan Meredith yang sama sifatnya. Sedangkan Jack, kakak keduanya dan yang paling disukai dan dikagumi Holly adalah seseorang yang ramah, menyenangkan, namun suka usil. Adik perempuannya, Ciara, tinggal di Autralia dan sangat ’ramai’ serta nekat, dan sayang sekali pada Holly. Adik laki lakinya yang sudah berumur dua puluh tahun, Declan, tinggal di rumah kedua orang tua mereka dan bersifat seperti layaknya anak tujuh belas tahun.


Plot and Summary
Setelah kematian Gery, Holly rasanya tidak bisa bangkit. Ia terus teringat kenangan akan Gery dan tidak percaya takdir merenggut kebersamaan mereka di usia yang belum terlalu tua. Namun ternyata, Gery menghidupkan kembali sepuluh bulan setelah kematiannya lewat surat surat yang ditulisnya sebelum ia meninggal. Setiap surat harus dibuka sesuai dengan bulan yang tertera di amplop tersebut, satu surat per bulan.

Declan yang adalah mahasiswa perfilman dan memiliki band mengundang Holly untuk menonton aksi panggungnya di sebuah bar bernama Hogan’s. Disanalah Holly pertama kali bertemu Daniel, seorang laki laki seumuran dengannya yang juga telah ditinggal oleh pacarnya karena pacarnya itu berkhianat.

Holly merasa Gery masih ada lewat surat suratnya, dan sedapat mungkin memenuhi permintaan Gery lewat surat suratnya. Gery menulis sebuah daftar apa yang harus dilakukan Holly ketika dirinya sudah tiada, hal hal sepele dalam kehidupan rumah tangga mereka. Gery juga menyuruhnya mengemas semua barang barang miliknya, meskipun berat bagi Holly melepas sesuatu yang dipenuhi kenangan akan Gery.

Ketika bulan Agustus tiba, Gery ternyata sudah menyusun acara untuk Holly, Sharon, dan Denise untuk berlibur bersama. Sepulangnya dari liburan, Holly mendapat kabar bahwa Sharon hamil dan Denise akan segera menikah dengan Tom, sahabat Daniel. Seharusnya Holly gembira akan kebahagiaan sahabat sahabatnya, namun entah mengapa ia merasa sebaliknya. Ia merasa ditinggalkan, marah, dan tidak adil bahwa orang lain bisa bahagia sementara kebahagiaannya dengan Gery direnggut.

Pada malam bujangan, ia tidak sengaja bertemu mantan Daniel (saya lupa namanya) yang menyebalkan dan pacarnya, Stevie. Mantan Daniel dan Stevie putus, karena ia melihat Stevie menggoda Holly. Holly tidak tahu bahwa pacar Stevie yang menyebalkan itu adalah mantan Daniel, dan baru mengetahuinya sepulangnya dari pesta bujangan. Ketika itu juga Holly merasa bahwa Daniel tertarik padanya.

Terdesak uang yang semakin menipis, Holly pun kemudian mencari pekerjaan berkat dukungan Gery, dan akhirnya diterima disebuah perusahan majalah dibagian periklanan. Bosnya, Chris, sangat ramah dan terbuka terhadap karyawan karyawannya, dan darinya Holly mendapatkan untuk Richard, kakaknya, yang ternyata hidupnya selama ini tidak selurus yang diperkirakan Holly.


Comments
Wow sebenernya buku ini bagus banget hikmahnya, banyak yang bisa diambil dari perjalanan hidup Holly. Tapi saya gerah juga sama Holly, karena dia itu bener bener galau banget dan belum dewasa. Sedikit sedikit pikiran negatif. Sedikit sedikit ngeluh. Bagi pembaca seperti saya, rasanya gak enak banget dan seperti ngasih sugesti negatif juga ke saya. Saya jadi harus menahan diri sekuat tenaga, ‘uugghh Holly, please deh biasa aja! jangan dramatis dan egois dong!’. I know, nobody’s perfect, but at least Holly can try to be strong. Jangan membiarkan diri sendiri terlarut dalam kubangan pengasihanan diri.

Oh ya, judul buku ini asalnya dari suratnya Gerry yang selalu diakhiri dengan PS I Love You. So sweet ya.. :)


Favorite character(s), part(s), or quote(s)
Banyak! Saya suka bagian ketika Holly mulai mengenal dan menerima Richard. Dan saya suka sama Richard, terlepas dari karakternya yang disebut Holly lurus, kaku, dan perfeksionis, dia mau aja kerja jadi tukang kebun. Bener bener tulus, kalo menurut saya. Saya juga suka sama kata kata yang diucapkan John ketika Holly gak mau ngomong sama Sharon karena iri. Intinya dia bilang, semua orang juga sedih, dia juga sedih kehilangan Gerry karena Gerry itu sahabatnya, tapi dia gak kayak Holly yang terus bersikap seakan akan dialah orang paling menderita di dunia ini. Good speech, John!


Comparing this book to other books in a same genre, author, or series
Saya jadi keinget sama Nights in Rodhante nya Nicholas Sparks. Mereka berdua sama sama kehilangan orang yang mereka cintai, namun penyikapannya beda banget. Adrienne jauh lebih dewasa dan bisa menerima, dan gak gampang goyah. Padahal perkiraan saya umur mereka sebaya.


My Rating :

 4 stars - I enjoyed this book, I would recommend it

No comments:

Post a Comment

If you have any questions and comments about this post, please leave here. Will reply soon.