Wordpress (Book Blog) mybookstacks.wordpress.com Twitter @fennyusuf Facebook Fenny Herawati Yusuf

I'm a girl who reads and have too many books. You’ll know that I do because I will always have an unread book in my bag and my shelves. A girl who spends her money on books instead of clothes. A girl who has a list of books she wants to read.

If you have any question about books and authors, please feel free to contact me at fennyherawatiyusuf[at]yahoo[dot]com. I will reply your email soon.

Saturday, September 28, 2013

[Book Blogger Event] Spell Your Quote

I got really excited for this post, since I have so many great (+inspiring) quotes from books that I love so much! Terkadang, kutipan yang bagus datang dari dialog-dialog panjang yang disusun penulis dengan penuh emosi, yang ketika dibaca, I feel like it was exactly what I feel about something. Needless to say, saya kadang suka membuka kembali halaman-halaman sebuah buku untuk mencari sebuah kalimat yang pernah menyentuh hati saya.

Dari semua buku-buku baik fiksi sampai nonfiksi, saya kesulitan memilih mana quote yang akan saya tulis pada kesempatan kali ini. After some consideration, karena saya tidak tahu aturannya berapa kutipan yang boleh dipilih, saya memilih satu quotes yang sampai saat ini masih berbekas di hati dan ingatan saya.


“Saya yakin bahwa semua ini hanya titipan Allah. Jadi, ngapain juga saya rese pada sesuatu yang nanti juga bisa sewaktu-waktu diminta balik sama yang punya. Termasuk rasa cinta itu sendiri.”
(Catatan Hati yang Cemburu by Asma Nadia, dkk, halaman 158)



Kutipan tersebut datang dari Mbak Ifa Avianty, dalam kisahnya yang berjudul ‘Noktah Itu Bernama Cemburu’. Saya suka banget membuka kembali lembaran buku Catatan Hati yang Cemburu, hanya untuk membaca sebaris kalimat di atas.

Kenapa ya saya suka sama kutipan Mbak Ifa ini? Hmm, mungkin karena kata-kata Mbak Ifa paling mengena di hati saya. Lain dengan sifat Mbak Ifa yang tidak mudah cemburu, saya sendiri orangnya mudah sekali cemburuan (#BukanCurhat). Nah, ketika sampai pada kata-kata Mbak Ifa di atas, saya jadi semacam mendapat pencerahan gitu. Seakan-akan kata-kata Mbak Ifa adalah solusi dari sifat saya yang memang suka ribet banget ngurusin perasaan.

‘Termasuk rasa cinta itu sendiri’. Ya, perasaan cinta itu juga datangnya dari Allah, kan? Allah yang menumbuhkan rasa, kita yang ‘mengorganisirnya’, ibaratnya seperti itu. Nah, kenapa pula saya harus bersusah payah merasa insecure terhadap sesuatu yang sebenarnya milik Allah? Kutipan dari Mbak Ifa di atas menyadarkan saya untuk memasrahkan segala sesuatunya kepada Allah, termasuk perasaan saya sendiri.

Kenapa saya harus menyusahkan diri saya sendiri atas sesuatu yang sudah dikasih sama Allah, dan saya jaminkan pada Allah? Jangan menyusahkan diri sendiri, menyiksa hati, dan repot mempertahankan kesedihan (sedih kok dipertahankan?). Segala sesuatunya di dunia ini tidak berjalan selamanya, termasuk perasaan saya; rasa cinta dan benci yang saya punya. Mungkin hari ini saya bisa suka sama sesuatu, tapi mungkin keesokan harinya Allah mengubah perasaan tersebut. Jadi, ya, saya percayakan saja urusannya sama Allah. Saya bisa merasakan cinta, cemburu, sedih, dan lain-lain, mempertanyakan perasaan tersebut, tapi kelanjutannya saya percaya Allah memilihkan yang terbaik untuk saya. Begitu.

Intinya sih, kata-kata Mbak Ifa memberikan makna bagi saya bahwa kita harus melibatkan Allah sepenuhnya dalam menjaga, menjamin, dan membentuk perasaan kita. 

Tulisan ini diikutsertakan dalam event:
Cara berpartisipasi:
- Buat artikel pada blog anda dengan konten quote favorit kamu beserta alasan dan analisa mengapa kamu menyukai quote tersebut. - Masukkan foto buku asal quote kamu dengan keterangan nama blogmu di dalamnya dengan tulisan tangan.
- Sertakan Button Freebies the 13 #2 pada artikelmu.
- Sertakan pula keterangan pada artikelmu yang berisi link menuju Pos Utama Freebies the 13th #2.
- Isi formulir google doc disini. Terima kasih :)

1 comment:

  1. Hai Fenny..
    Ngena bgt yah quotenya.. aku juga sering ngerasa cemburu..iri..dan sejenisnya..
    memang harus kuat-kuat nahan..sebagai manusia kita memang rentan terhadap perasaan2 seperti itu..

    makasih udah ikutan freebies the 13#2 yaa.. good luck..

    @fadhilatulip ~admin for kilas buku

    ReplyDelete

If you have any questions and comments about this post, please leave here. Will reply soon.