Wordpress (Book Blog) mybookstacks.wordpress.com Twitter @fennyusuf Facebook Fenny Herawati Yusuf

I'm a girl who reads and have too many books. You’ll know that I do because I will always have an unread book in my bag and my shelves. A girl who spends her money on books instead of clothes. A girl who has a list of books she wants to read.

If you have any question about books and authors, please feel free to contact me at fennyherawatiyusuf[at]yahoo[dot]com. I will reply your email soon.

Monday, November 18, 2013

[Book Review] Dan Hujan Pun Berhenti

Dan Hujan Pun Berhenti by Farida Susanty

3,56/5 (1,016 rating)

Publisher: Grasindo
Release Date: April 2011 by Grasindo (first published 2007)
Format: Paperback, 322 pages
Genre: Teen, Drama

Kamu mungkin tidak akan bisa mengerti Leo yang tidak percaya pada siapa pun di dunia ini.

Tapi mungkin Spiza, gadis yang mencoba bunuh diri di sekolahnya, bisa.


Okay, at first I was interested because this book has got so much awards. Even they put “National Bestseller” on the cover. But I just didn’t get ‘the best thing’ in this book. I didn’t like the characters, the plots, and the story. Fairly, I like the synopsis and the idea of suicide.

Saya sering lihat ada sebuah list di Goodreads yang berjudul ‘Best Realistic Fiction Book’, kalau tidak salah. Isinya adalah buku-buku bertema tough-subjects, about abuse, bullying, phsycology-things, etc. Daftar teratas termasuk buku The Perks of Being a Wallflower by Stephen Chbosky. Dan Hujan Pun Berhenti termasuk ke dalam kategori buku-buku ini, ceritanya dark, dan di kondisikan hampir mirip kehidupan nyata masa remaja. Well, almost.

Saya bilang hampir mirip kehidupan nyata, simpel karena (sebagai orang yang sedikit rasional maupun imaginatif), kayaknya nggak mungkin ada orang yang sepanjang hidupnya kerjanya teriak-teriak mulu. Dan karakter-karakter dalam buku ini DO IT A LOT. Untuk menambah daftar ketidaksukaan saya terhadap karakter buku ini, hampir semua karakter, baik itu tokoh utama seperti Leo dan Spiza, maupun tokoh lainnya seperti ibu-bapak-nya Leo dan guru BP-nya Leo, sama-sama punya kemiripan labil, nggak sabaran, suka teriak-teriak, dan nggak konsisten. Contohnya, di awal-awal saya mengira Leo itu sayang banget sama Iris dan menganggap Iris satu-satunya perempuan yang mengerti dia. Tapi tiba-tiba di pertengahan cerita Leo bilang Iris itu sama aja kaya orang lain, Pengkhianat.

Dari awal bab, ceritanya udah tidak bisa dimengerti, tidak jelas dan amat sangat annoying because there are tons of bad words. Membaca sampai sekitar sepuluh halaman aja sudah banyak penghuni kebun binatang dan kata-kata kasar lain yang keluar. Jadi wajar kalau saya jengkel dan sempat men-stop mau membaca buku ini karena; udah ceritanya nggak jelas dari awal, bahasanya begitu pula. Double uncomfortable.

Reading this story until the last page made me getting mad. Tokoh-tokohnya masih labil dan nggak jelas maunya apa. Contohnya ibunya Leo. Baru kemarin dia masih bentak-bentak Leo dan sepertinya benci banget sama Leo, eh besoknya ketika makan malam di rumah, dia tiba-tiba berubah baik dan sayang sama Leo sampai akhirnya dia meninggal. Menurut saya alangkah tidak masuk akal aja dalam waktu singkat bisa berubah seratus delapan puluh derajat cuma dari hasil pemikiran sendiri tanpa ada kejadian apa-apa. Merubah kebiasaan dari diri sendiri dilakukan secara bertahap dan butuh waktu, kalaupun instan, biasanya ada katarsisnya., ada faktor eksternalnya.

Overall, menurut saya buku ini terlalu dipaksakan supaya ceritanya gelap. Lucunya, di kata pengantar si penulis berkata bahwa dia melakukan riset supaya karakter Leo hidup sebagai laki-laki, karena jarang ada penulis perempuan yang bisa menulis tokoh utama laki-laki, begitu pula sebaliknya. Tapi, lagi-lagi menurut saya, penyebab ceritanya jadi banyak yang tidak logis dan labil adalah karena si penulis terlalu maksa agar Leo menjadi seorang ‘laki-laki’.



2.5 stars - I didn't really like this book, and wouldn't recommend it




No comments:

Post a Comment

If you have any questions and comments about this post, please leave here. Will reply soon.