Wordpress (Book Blog) mybookstacks.wordpress.com Twitter @fennyusuf Facebook Fenny Herawati Yusuf

I'm a girl who reads and have too many books. You’ll know that I do because I will always have an unread book in my bag and my shelves. A girl who spends her money on books instead of clothes. A girl who has a list of books she wants to read.

If you have any question about books and authors, please feel free to contact me at fennyherawatiyusuf[at]yahoo[dot]com. I will reply your email soon.

Friday, November 22, 2013

[Book Review] Magic or Madness

Magic or Madness (Magic or Madness #1) by Justine Larbalestier

3,53/5 (2,744 rating)

Publisher: Gramedia
Translator: Meilia Kusumadewi
Release Date: January 12th 2010 by Gramedia Pustaka Utama (first published March 17th 2005)
Format: Paperback, 320 pages
Genre: Paranormal Fantasy


Kunci itu.
Sebelum kugunakan pun, aku sudah tahu.
Kunci itu sangat pas, seakan memang di sana tempatnya.
Kubuka pintu, melangkah ke luar, dan ternganga...

Reason Cansino tahu-tahu mendapati dirinya di tengah jalan asing, diguyur hujan salju. Melalui pintu belakang rumah neneknya, Reason berpindah tempat ribuan kilometer dari Sydney ke negeri asing!

Ia terpaksa mengakui bahwa sihir memang ada.

Namun seperti ibunya, neneknya, dan teman-teman barunya, Tom dan Jay-Tee, Reason harus menerima takdir sihir yang mengalir dalam darahnya. Takdir yang akan membuatnya terjebak dalam dilema, sekaligus menjawab semua pertanyaannya selama ini.


Awalnya saya punya perkiraan negatif mengenai buku ini karena ratingnya yang rendah di Goodreads. Tapi setelah selesai membaca dalam 2 hari, saya sedikit berubah fikiran.

Konsepnya tidak ada yang istimewa. Hanya dunia sihir tersembunyi dimana orang yang menggunakan sihir akan menyerap tenaganya sendiri dan memperpendek kehidupannya. Tidak ada konsep sihir yang rumit, atau kegelapan yang menghantui buku bergenre supernatural ini. Bahkan menurut saya, untuk ukuran buku fantasi, buku ini lumayan riang dan simpel.

Kesederhanaan dan keriangan buku ini justru menjadi daya tarik sendiri. Ya sih, nggak ada yang istimewa, tapi saya jadi terlalu menikmati bacanya sehingga sampai pada halaman terakhir dalam waktu singkat. Overall karakter-karakternya cukup menyenangkan, dan petualangannya cukup seru. Di halaman-halaman terakhir saya bahkan sempat berharap bisa melanjutkan ke seri selanjutnya. Tentu saja dengan adanya hal-hal baru mengenai sihir.
Satu lagi yang menarik dari buku ini adalah catatan awal dari penulisnya, yang membuat saya ketawa dan segera saja menyukai karakter Tom bahkan sebelum saya mulai membaca ceritanya.


“Tolong perhatikan bahwa Great Expectations merupakan karya Charles Dickens, bukan Shakespeare. Sejarah literature bukan merupakan salah satu kelebihan Tom.” (Catatan untuk Pembaca oleh Justine Larbalestier)


3 stars - This book was OK, read it if it sounds good to you



No comments:

Post a Comment

If you have any questions and comments about this post, please leave here. Will reply soon.