Wordpress (Book Blog) mybookstacks.wordpress.com Twitter @fennyusuf Facebook Fenny Herawati Yusuf

I'm a girl who reads and have too many books. You’ll know that I do because I will always have an unread book in my bag and my shelves. A girl who spends her money on books instead of clothes. A girl who has a list of books she wants to read.

If you have any question about books and authors, please feel free to contact me at fennyherawatiyusuf[at]yahoo[dot]com. I will reply your email soon.

Tuesday, March 4, 2014

Dare To Say! [1]

Awalnya..
Jadi, waktu itu di sebuah Plaza dekat rumah saya, ada lapak obralan Gramedia dan saya nemu buku ini seharga Rp10.000,00. Setelah baca sinopsisnya, saya langsung ngambil buku ini dan pergi ke kasir. Kebetulan saya lagi pengen baca sesuatu yang berbau-bau Romawi gitu, dan yang saya bayangkan adalah sebuah cerita petualangan seru dengan sedikit bumbu mistik dan setting jaman Romawi.



Segera setelah saya beli buku ini, saya penasaran liat ratingnya di Goodreads. Daan ternyata, buku ini bahkan sampai nggak begitu populernya sehingga pas saya search judul dan pengarangnya untuk pertama kali di Google, nggak ada entry yang valid. Kedua kalinya, saya baru nemu judul dan pengarang yang benar di Goodreads dengan rating 3,6 dari 1.266 suara.

Setelah saya sampai di rumah, saya langsung baca buku ini, siap-siap kecewa sama ceritanya.

TERNYATA..!
Yah, oke, memang nggak seperti kisah Percy Jackson dan Jason Grace dengan petualangan seru bersama dewa dewi Romawi & Yunaninya, tapi saya sukaaa banget sama buku ini dengan caranya sendiri.

Pertama, ceritanya mengalir banget, dari awal sampai akhir saya bener-bener tenggelam sama kisah istri Pilatus ini. Gaya penulisan yang mengambil sudut pandang orang pertama yaitu istri Pilatus sendiri, sangat mendalam banget, sehingga saya nggak kesulitan membacanya. Applause juga untuk terjemahannya yang bagus.

Kedua, karakternya kuat banget, terutama si tokoh utama. Mulai dari masa kecilnya, orang-orang yang tumbuh di sekitarnya, perasaannya, sampai konflik batinnya. Saya bisa ngerasain gimana obsesi Claudia terhadap suaminya dan gimana dia sayang banget sama kakaknya. Saya juga suka karakter lainnya, misalnya budak Claudia yang ternyata tetap jadi tokoh baik sampai akhir, dan kakaknya dengan penderitaannya yang unik.

Ketiga, konfliknya juga keren banget. Mulai dari masa awal ketika Claudia suka banget sama Pilatus dan berusaha banget supaya Pilatus suka sama dia, kakaknya yang akhirnya jadi korban sepupunya, perjuangannya Claudia supaya bisa hamil, dan akhirnya pada saat dia jatuh cinta sama orang lain selain suaminya.

Overall, menurut saya buku ini lebih pantas untuk mendapat nilai lebih dan menjaring banyak pembaca.

Pembelaan..
Menurut analisis sekilas pada komentar negatif di Goodreads, kebanyakan pembaca memberikan nilai kurang baik karena sisi fakta sejarah yang tidak sesuai dengan apa yang selama ini ada (di Injil). Well, menurut saya kalau kita bisa mengesampingkan keakuratan fakta dan melihatnya sebagai fiksi, buku ini termasuk seru juga kok.

Selain itu, ada juga yang bilang kalau bukunya terlalu melodramatic. Saya setuju, tapi anehnya saya nggak punya waktu untuk merasa jengkel dengan hal itu karena pikiran saya udah keburu memvisualisasikan ceritanya bagaikan film di otak saya, saking mengalirnya ceritanya. Jadi ceritanya sebenernya nggak segitu melodramatis juga.

Ada juga pembaca yang mengeluhkan kurangnya kuantitas kisah karakter lain di buku ini. Hmm, menurut saya itu menunjukkan kalau kisah karakter sampingannya juga seru, PLUS, judul buku ini kan Pilate’s Wife, oleh sebab itu lebih banyak menceritakan kisah istri Pilatus, bukan Yesus atau Pilatus ataupun Marcella. Dan menurut saya karakter Claudia ini cukup heroine juga kok, karena dia itu tangguh dan akhirnya bisa menjalani kehidupan yang baik dan apa adanya.

Simpulan
Jadi, rekomendasi saya.. Kalau kalian mencari sebuah cerita historical fiction bersetting Romawi dengan sedikit bumbu harlequin dan spiritualitas, Pilate’s Wife ini cocok banget buat kamu deh.

Rating awal: 3,6
Rating akhir: 4,0
UNDERRATED

1 comment:

  1. Wah, sepertinya menarik. Saya penyuka historical fiction juga. Salam kenal :)

    ReplyDelete

If you have any questions and comments about this post, please leave here. Will reply soon.