Wordpress (Book Blog) mybookstacks.wordpress.com Twitter @fennyusuf Facebook Fenny Herawati Yusuf

I'm a girl who reads and have too many books. You’ll know that I do because I will always have an unread book in my bag and my shelves. A girl who spends her money on books instead of clothes. A girl who has a list of books she wants to read.

If you have any question about books and authors, please feel free to contact me at fennyherawatiyusuf[at]yahoo[dot]com. I will reply your email soon.

Sunday, April 13, 2014

Tanya-Jawab dengan Petronela Putri


Petronela Putri
 

Umur: 22 tahun
Domisili: Jakarta
Aktifitas: Pelajar & Penulis
Kontak (Facebook, Twitter, Instagram): Petronela Putri, @kopilovie, KopiLovie
Karya yang sudah diterbitkan:
1. Lovefool (Media Pressindo, 2013)
2. Love You Even More (Media Pressindo, 2013)
3. [Kumpulan Cerpen] Lovediction (Ice Cube Publisher, 2013)
4. [Kumpulan Cerpen] Lovediction 2 (Ice Cube Publisher, 2013)
5. Just Let It Go - (Eazy Book, 2014)



Untuk meramaikan ultah BBI yang ketiga, Divisi Event BBI mengadakan Guest Posting dengan tujuan untuk mengakrabkan anggotanya. Kebetulan untuk tahun ini, saya berkesempatan untuk mewawancarai dan meng-hosting tulisan dari seorang penulis yang beberapa karyanya telah diterbitkan. Berikut ini adalah hasil tanya-jawab singkat saya dengan Petronela Putri atau yang biasa dipanggil Mput.



Hai Mput, kebetulan aku baru aja selesai baca salah satu karyamu Just Let It Go (Eazy Book, 2013), dan jujur aku lumayan kaget sama endingnya. boleh tau dong, cerita ini inspirasinya dari mana dan apakah ada kesamaan tokoh atau adegan di dunia nyata-kah, seperti misalnya adaptasi sifat karakter-karakter dalam JLIG?
 
Inspirasinya, hmm, aku menulis JLIG ketika aku sedang suka-sukanya sama tema psikologi. Kebetulan juga, aku suka karya-karya Sekar Ayu Asmara. Beberapa kali nonton filmnya dan baca bukunya. 'permainan kejiwaan' adalah salah satu ciri khas beliau. Jadi aku kemarin itu coba-coba menuliskan hal yang serupa. Memang masih jauh banget di bawah tulisan beliau, tapi senang aja sama tema begitu, hahaha.

Kesamaan tokoh atau adegan nggak ada. Semuanya murni fiksi. Cuma mengenai kesamaan nama, ada Ninda Syahfi.. itu nama seorang temanku sesama penulis, bisa cek di @nindasyahfi :)



Nama Petronela itu asalnya dari mana sih, dan kan banyak juga penulis yang membedakan nama pena dengan nama lahirnya, kenapa nggak menciptakan sebuah nama pena gitu untuk karyanya?
 
Itu namaku, bukan nama karangan kok :))
Tadinya memang mau pake nama pena yang unik-unik, banyak juga yang penulis yang pakai nama-nama kece untuk nama pena mereka, tapi aku rasa suatu saat mungkin akan bosan sendiri. Aku orangnya bosenan. Jadi, mending pakai nama sendiri, hehe.




Boleh kasih bocoran tentang karya selanjutnya nggak? Lagi nulis cerita bertema apa sih, atau punya rencana untuk menulis cerita tentang apa?
 
Sekarang lagi konsen untuk sebuah outline genre romance. Bener-bener full romance, bukan romance thriller seperti biasanya. Ada travellingnya juga, dikit. Aku akan menulis dengan setting dua kota. Kota yang aku tempati sekarang dan kota asalku. On progress, sudah mulai riset-riset sekaligus lanjut menulis draftnya. Hehe. Tentang apa yaa, rahasia dulu, deh. Nanti kalau selesai akan tahu sendiri XD hehe.



Apa atau siapa yang menginspirasi kamu untuk menulis sampai saat ini?
 
Apa yang menginspirasi,ehmm.. banyak, hahaha. Aku senang ketika membaca buku (yang menurut seleraku) bagus, dan setelah membacanya, selalu pengin menuliskan ceritaku sendiri.

Kalau ditanya siapa yang menginspirasi, mungkin ada cukup banyak penulis yang tulisannya aku idolakan. Tapi, orang yang benar-benar berpengaruh buatku adalah Papa :) Papaku suka baca dan sesekali juga menulis di jurnalnya sendiri, jadi dari kecil aku juga terbiasa sama buku. Sampai waktu SMP akhirnya coba-coba menulis cerita pendekku yang pertama. Ketika novel pertamaku terbit, Papa bilang beliau bangga dan percaya bahwa aku bisa menuliskan cerita-cerita keren lainnya. Haha, itu yang paling menginspirasi dan memotivasi aku menulis sampai sekarang.




Boleh dong, sharing quote (nggak harus dari buku) yang kamu paling suka atau kamu jadikan semacam "mantra" buat kamu..
 
"Menulis seperti apa yang kita inginkan saja susah, apalagi kalau harus menulis sesuai selera dan keinginan orang lain."

Itu kalimat yang diucapkan Andi Gunawan dalam salah satu talkshow yang aku ikuti. Aku suka kalimat itu. Alasannya, ya, karena banyak penulis biasanya selalu berusaha perfect dalam setiap karyanya, tapi quotes itu mengajarkan sebaliknya. Untuk mulai menulis, akan susah sekali rasanya kalau mau hasil yang langsung sempurna. Jadi satu-satunya cara adalah menuliskan apa yang ingin kita tulis dulu. Mengalir saja, nanti tulisan-tulisan itu akan menemui takdirnya sendiri :)) Semua hal --termasuk menulis, pasti butuh proses :)




Itu dia hasil tanya jawabku dengan Mput, yang dilakukan via WhatsApp-Email. Selain tanya-jawab, Mput juga memberikan sebuah tulisan untuk blog The Read Things, yang bisa kalian lihat di sini.



No comments:

Post a Comment

If you have any questions and comments about this post, please leave here. Will reply soon.